Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Kuno dan Peninggalannya

Mataram merupakan salah satu kerajaan yang paling terkenal di seantaro Indonesia pada zaman kejayaannya. Dikenal pula dengan sebutan Kerajaan Medang, Mataram berkembang antara abad ke-8 dan ke-11 sebagai pemeluk agama Hindu-Budha di pulau Jawa.

Sebagai bukti adanya kerajaan megah yang satu ini, ada banyak peninggalan yang tersebar di berbagai macam wilayah Jawa Tengah.

Itu pun menjadi sebuah isyarat bahwa Kerajaan Mataram memang memiliki luas wilayah dan kekuasaan yang bukan main.

Apalagi di zaman peperangan dan perebutan kekuasaan, bisa kita tebak bahwa Mataram memiliki pasukan dan kemiliteran yang mumpuni.

Beberapa rajanya pun sangat terkenal dan tercatat dalam sejarah secara jelas dan nyata.

Peninggalan Mataram Kuno

Peninggalan-peninggalan ini juga menjadi bukti dan sumber sejarah kerajaan Mataram kuno yang begitu melegenda.

Kebanyakan diantaranya adalah berupa candi yang dibuat untuk tujuan beribadah. Ada pula beberapa diantaranya yang belum diketahui fungsinya secara pasti.

Ini juga menjadi bukti bahwa teknologi kuno memang tak boleh kita sepelekan sama sekali.

Ada dua candi yang paling dikenal oleh masyarakat secara luas bahkan hingga ke mancanegara, yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

2 Candi Paling Megah

Borobudur yang merupakan peninggalan sejarah kerajaan paling termashyur dan terpenting dalam mengenali kebudayaan dan nenek moyang kita di zaman dulu.

Diperkirakan bahwa bangunan ini sudah ada semenjak abad ke-7 sebagai candi Buddha Mahayana.

Kini lokasinya bisa kita sambangi dengan begitu mudah, yakni terletak di Kabupaten Magelang, tak jauh dari kota Muntilan di Jawa Tengah.

Saking megahnya, candi Borobudur menjadi kuil Buddha terbesar di dunia.

Adapula Candi Pramabanan yang juga dikenal sebagai Rara Jonggrang, sekaligus menjadi sebuah kompleks dan kawasan Hindu yang megah di abad ke-8 yang terletak di Yogyakarta.

Kompleks candi ini menjadi jenis yang terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Angkor Wat, yang kemudian menjadikannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sama halnya seperti Borobudur, candi Prambanan juga mampu menari banyak pengunjung dari seluruh dunia.